Pengembangan Rencana Pembelajaran Yang Mengintegrasikan Tik
Kelas / Semester : IV / 1
Tema
: 4 (Berbagai Pekerjaan)
Sub
Tema
: 3 (Pekerjaan Orangtuaku)
Pembelajaran :
3
Materi :
1.
Seni bela diri
2.
Dongeng
3.
Upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya
alam di lingkungannya
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan langkah seluruh gerakan pada bela diri
silat dengan tepat
2. Setelah berdiskusi,
siswa mampu mempraktikkan seluruh langkah gerakan pada bela diri silat dengan
lancar
3. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya
pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail
4. Setelah berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya
menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.
5. Setelah membaca pendapat
teman terhadap suatu dongeng, siswa mampu menilai pendapatnya dengan detail.
6. Setelah berdiskusi,
siswa mampu menyampaikan pendapatnya mengenai komentar teman secara lisan
maupun tulisan dengan sistematis.
Aktivitas Pembelajaran :
·
Guru menjelaskan gerakan-gerakan dasar bela diri silat menggunakan sebuah
video dan guru mempraktikan secara langsung
·
Guru mengajak semua peserta didik keluar kelas dan meminta mereka membentuk
huruf “U”. Ditengah barisan guru mempraktikkan seluruh gerakan dasar bela diri
pencak silat setahap demi setahap.
·
Guru menjelaskan kembali gerakan - gerakan bela diri yang telah dilakukan
·
Guru meminta peserta didik membentuk 4 kelompok, dimana masing-masing
kelompok akan mempraktikan seluruh gerakan bela diri
·
Guru meneriakankan kata “HA” setiap akan memulai atau mengganti gerakan
·
Guru meminta satu siswa dari setiap kelompok untuk maju ke depan dan
memimpin gerakan dan diikuti anggota.
·
Guru mencatat langkah yang dipraktikan siswa oleh beberapa siswa melalui
catatan anekdot
·
Guru mengajak siswa kembali ke dalam kelas untuk merefleksikan gerakan yang
telah mereka praktikan diluar kelas
·
Guru meminta siswa menulis rencana untuk meningkatkan keterampilan dalam
gerakan dasar pencak silat di kertas dan di microsoft world yang akan
dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya dalam bentuk print out
·
Guru meminta siswa membuat sebuah video yang berisi gerakan pencak silat
yang telat mereka pelajari dalam waktu 1 minggu kemudian file nya di kumpulkan
dalam bentuk cd room.
·
Siswa diajak membaca teks tentang pengrajin sampah
·
Siswa meresume teks yang telah dibaca di microsoft word
·
Guru mengajak siswa menjawab pertanyaan dan meminta siswa mendiskusikan
jawabannya di kelompok
·
Guru meminta salah satu siswa menyampaikan hasilnya dan siswa lain diberi
kesempatan untuk bertanya
·
Siswa disuruh membaca teks tentang sampah di microsoft word
·
Siswa disuruh menuliskan informasi tentang sampah pada peta pikiran yang
telah disiapkan dalam bentuk microsoft word
·
Mendiskusikan peta pikiran secara klasikal dengan menyuruh siswa
menyampaikan hasilnya.
·
Siswa disuruh menuliskan kegiatan yang bisa memanfaatkan sampah dalam
kehidupan sehari-hari minimal 2 halaman dalam microsoft word dan dikumpulkan
melalui via email.