Pengembangan Rencana Pembelajaran Yang Mengintegrasikan Tik

Kelas / Semester     : IV / 1
Tema                       : 4 (Berbagai Pekerjaan)
Sub Tema                : 3 (Pekerjaan Orangtuaku)
Pembelajaran           : 3

Materi :
1.      Seni bela diri
2.      Dongeng
3.      Upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

Tujuan Pembelajaran :
1.     Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan langkah seluruh gerakan pada bela diri silat dengan tepat
2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan seluruh langkah gerakan pada bela diri silat dengan lancar
3.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail
4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.
5.     Setelah membaca pendapat teman terhadap suatu dongeng, siswa mampu menilai pendapatnya dengan detail.
6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan pendapatnya mengenai komentar teman secara lisan maupun tulisan dengan sistematis.

Aktivitas Pembelajaran :
·         Guru menjelaskan gerakan-gerakan dasar bela diri silat menggunakan sebuah video dan guru mempraktikan secara langsung
·         Guru mengajak semua peserta didik keluar kelas dan meminta mereka membentuk huruf “U”. Ditengah barisan guru mempraktikkan seluruh gerakan dasar bela diri pencak silat setahap demi setahap.
·         Guru menjelaskan kembali gerakan - gerakan bela diri yang telah dilakukan
·         Guru meminta peserta didik membentuk 4 kelompok, dimana masing-masing kelompok akan mempraktikan seluruh gerakan bela diri
·         Guru meneriakankan kata “HA” setiap akan memulai atau mengganti gerakan
·         Guru meminta satu siswa dari setiap kelompok untuk maju ke depan dan memimpin gerakan dan diikuti anggota.
·         Guru mencatat langkah yang dipraktikan siswa oleh beberapa siswa melalui catatan anekdot
·         Guru mengajak siswa kembali ke dalam kelas untuk merefleksikan gerakan yang telah mereka praktikan diluar kelas
·         Guru meminta siswa menulis rencana untuk meningkatkan keterampilan dalam gerakan dasar pencak silat di kertas dan di microsoft world yang akan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya dalam bentuk print out
·         Guru meminta siswa membuat sebuah video yang berisi gerakan pencak silat yang telat mereka pelajari dalam waktu 1 minggu kemudian file nya di kumpulkan dalam bentuk cd room.
·         Siswa diajak membaca teks tentang pengrajin sampah
·         Siswa meresume teks yang telah dibaca di microsoft word
·         Guru mengajak siswa menjawab pertanyaan dan meminta siswa mendiskusikan jawabannya di kelompok
·         Guru meminta salah satu siswa menyampaikan hasilnya dan siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya
·         Siswa disuruh membaca teks tentang sampah di microsoft word
·         Siswa disuruh menuliskan informasi tentang sampah pada peta pikiran yang telah disiapkan dalam bentuk microsoft word
·         Mendiskusikan peta pikiran secara klasikal dengan menyuruh siswa menyampaikan hasilnya.
·         Siswa disuruh menuliskan kegiatan yang bisa memanfaatkan sampah dalam kehidupan sehari-hari minimal 2 halaman dalam microsoft word dan dikumpulkan melalui via email.




date Senin, 31 Oktober 2016

0 komentar to “ ”

Leave a Reply: